You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cileunyi Kulon
Desa Cileunyi Kulon

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat

Resensi Buku "Baca Buku Ini Saat Engkau Gagal"

Admin 01 Februari 2020 Dibaca 7 Kali
Resensi Buku
Judul : Baca Buku Ini Saat Engkau Gagal
Penulis : Kinanti Linda Rahayu
Penerbit : Psikologi Center
Kota Terbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : 1 Februari 2020
Tebal Buku : 214 + ix Halaman

Buku yang menjadi hasil karya dari seorang penulis bernama Kinanti Linda Rahayu ini, dikemas menggunakan berbagai kalimat baku sederhana yang pada umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga penyampaian pesannya lebih menarik, khususnya bagi anak muda yang sedang mengalami masalah dalam kehidupannya saat ini.

Melalui buku ini, kita seolah-olah diajak untuk mengikuti sebuah seminar tentang motivasi diri yang dapat dinikmati dan bukan sesuatu hal yang berlebihan. Dengan total 214 halaman, buku ini menjadi sangat cocok untuk kamu baca khususnya saat bepergian ataupun duduk di cafe sambil menikmati segelas kopi atau teh kesukaan kamu.

Untuk dapat lebih memahami isi dari buku ini, kita juga akan membahas sejenak apa saja isi yang ada di dalam buku ini dan bagaimana buku ini dapat mengubah pola pikir kamu tentang kegagalan.

Pada bagian awal dari buku ini, kita sudah disuguhkan dengan topik sahabat kegagalan. Dimana, pada umumnya jika kita mendengar kata sahabat, seringkali identik dengan sebuah sosok yang paling dekat dengan diri kita.

Di dalam buku ini, dibahas bagaimana sahabat kegagalan adalah sebuah kesuksesan. Hal tersebut dikarenakan, untuk meraih kesuksesan, kita juga harus siap untuk menerima sebuah kegagalan. Setelah kita memahami hal tersebut, barulah kita dapat menjadi pribadi yang sukses.

Seperti halnya dari pepatah yang kita dengar, bahwa kegagalan merupakan sebuah kesuksesan yang tertunda, kalimat yang memiliki makna bahwa dalam setiap kegagalan, kita harus dapat menjadikan hal tersebut sebagai dorongan dan motivasi untuk terus bangkit dan berjuang untuk meraih kesuksesan yang tertunda tersebut.

“Kesuksesan tidak akan dapat diraih tanpa melalui sebuah proses, yang tentunya memakan waktu.” Begitulah ucapan yang ada pada buku ini, dimana kesuksesan diumpamakan sebagai sebuah proses panjang yang juga memakan cukup banyak waktu kita.

Untuk mencapai kesuksesan yang kita inginkan itu sendiri, terdapat proses yang harus kita lewati dan seringkali dalam prosesnya kita akan mengalami kegagalan. Namun, jadikan kegagalan tersebut sebagai motivasi, karena bagaimanapun waktu serta proses yang telah kita lewati merupakan kunci terpenting untuk mencapai kesuksesan.

Kemudian, untuk dapat menanamkan nilai ini pada para pembacanya, Kinanti memberikan sebuah contoh kisah Walt Disney yang dulunya hanya seorang jurnalis yang selalu mendapat kritikan akibat hasil karyanya, hingga saat ini Walt Disney menjadi sebuah perusahaan yang paling berpengaruh dalam kemajuan bidang perfilman kartun di seluruh dunia.

Dengan kita mengalami berbagai kegagalan dalam proses mencapai kesuksesan, maka sebuah kesuksesan tersebut akan menjadi sebuah cerita menarik yang dipenuhi dengan berbagai rintangan demi rintangan hingga menjadi bagian dari perjalanan hidup kita.

Menurutnya, sukses merupakan sebuah kepastian yang pada akhirnya akan dialami oleh semua orang. Namun, permasalahannya ada pada seberapa lama atau panjang proses yang harus kita lalui sebelum mencapai kesuksesan tersebut.

Untuk meraih dan mempertahankan kesuksesan itu sendiri, kita tidak bisa hanya berdiam saja, dan harus melakukan sebuah tindakan yang disebut sebagai “action”. Walaupun dalam prosesnya seringkali “action” tersebut akan gagal, kamu harus tetap berusaha untuk mengejar kesuksesan yang sebenarnya.

Dalam meraih kesuksesan itu sendiri, kita juga harus menjadi pribadi yang berani untuk mengambil sebuah resiko. Karena menurut buku ini, semakin besar resiko yang berani kita ambil, maka juga akan semakin besar pula kesuksesan yang bisa kamu dapatkan nantinya

Terdapat pula yang dapat kita petik dari buku ini, dimana untuk mengingat beberapa.hal ketika sedang berada di dalam situasi sulit atau terpuruk di dalam hidup kita.

Pertama, untuk selalu mengingat bahwa segala rintangan atau hal buruk yang terjadi pada diri kita, bisa dan pasti akan berubah menjadi yang lebih baik.

Kedua, kita juga harus mengingat kembali, bagaimana untuk berada di titik kamu berada, kamu telah melewati berbagai rintangan dan kesulitan yang seringkali juga membuat kamu ingin menyerah, namun tetap kamu terjang dengan sekuat tenaga.

Ketiga, jadikan rintangan atau kesulitan yang sedang kamu lalui tersebut sebagai bahan serta kesempatan kamu untuk belajar dan mendapatkan ilmu untuk lebih berkembang.

Keempat, ingatlah bahwa dibalik segala kesulitan yang sedang kamu lalui tersebut, selalu ada nilai kebaikan dan secercah hikmah yang nantinya dapat kamu jadikan pembelajaran untuk mencapai kesuksesan.

Kelima, jangan jadikan kesulitan atau masalah yang sedang kamu alami tersebut menjadi alasan untuk tidak mendapatkan bahagia. Kamu harus dapat memisahkan antara permasalahan dengan urusan pribadi yang membuat kamu bahagia.

Keenam, saat menjalani masa sulit dalam hidup kamu, tetaplah mengingat untuk tidak menyalahkan dirimu terlalu keras jika suatu hal tidak berjalan sesuai dengan keinginanmu.

Ketujuh, saat kita mengalami kegagalan seringkali mengundang omongan negatif dari banyak orang dan berbagai pihak, namun jangan jadikan perkataan orang tersebut sebagai patokan, karena mereka hanya bisa melihat kegagalan kita saja, bukan bagaimana perjuangan dan proses yang harus kita lewati untuk mencapai hal tersebut.

Dan yang terakhir, kesulitan atau kegagalan yang sedang kita alami seringkali bukanlah sebuah kemunduran dari proses kehidupan kita, melainkan batu loncatan yang dapat mempercepat proses kehidupan kita untuk mencapai kesuksesan yang kita inginkan.

Sumber :

https://www.kompasiana.com/tirtaeka1909/6386e74b3f3c1a404a057733/baca-buku-ini-saat-engkau-gagal

https://www.gramedia.com/best-seller/resensi-baca-buku-ini-saat-engkau-gagal-by-kinanti-linda-rahayu/

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image