You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cileunyi Kulon
Desa Cileunyi Kulon

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat

Resensi Buku "Ikhlas Paling Serius"

Admin 24 April 2021 Dibaca 8 Kali
Resensi Buku
Judul Buku : Ikhlas Paling Serius
Penulis : Fajar Sulaiman
Penerbit : PT. TransMedia Distributor
Tahun Terbit : April 2021
Tebal Halaman : 168 Halaman

Buku berjudul “Ikhlas Paling Serius” ini adalah buku pertama karya  Fajar Sulaiman  yang  diambil dari kisah hidupnya sendiri.  Buku ini berisi tulisan-tulisan quotes yang bagus dan membuat pembacanya terhanyut. Pada buku ini penulis menceritakan tentang kesedihan masa lalu yang selalu menghadiri hari – harinya karena telah kehilangan seseorang yang dicintai. Dia harus belajar untuk tidak terbiasa dengan kehadiran sosok yang dia cintai. Dia harus bisa merelakan seseorang yang dicintai. Dirinya harus bisa memulai kehidupan baru dengan suasana baru tanpa ada orang yang dicintai di sisisnya.

Buku ini terdiri dari tiga bab  di mana  setiap bagian dari bab  menggambarkan sebuah perjalanan cinta yang dialami oleh sebagian orang mulai dari tahap melupakan, mengikhlaskan hingga  menemukan.

Bab Satu Melupakan

“Dia pergi karena kamu meminta yang terbaik, dan nyatanya yang terbaik bukanlah dia”.  Dan dia pergi karena kamu berdoa pada Allah untuk diberikan yang terbaik, dan dia bukan orangnya.

Iya, mungkin dia memang sudah baik atau sempurna  di matamu  tetapi meski demikian kamu tidak tahu apakah kebaikan yang tampak di matamu akan benar-benar menjadikanmu baik saat bersamanya nanti.

Bila dia yang terbaik tentu Allah memberi jalannya bersatu denganmu. Allah menjauhkan darimu  mungkin percaya ini jalan terbaik untukmu.

“Ketika kamu mencintai manusia sejatuh-jatuhnya, maka bersiaplah kecewa sedalam-dalamnya.”

Di dunia  ada sisi timbal balik di mana ada panjang pendek, baik buruk,  jauh dekat, begitu juga  ketika kita mencintai seseorang sejatuh-jatuhnya maka kita juga harus siap merasakan kecewa sedalam-dalamnya.

Dan melupakanmu adalah jalan terbaik.  Memang sulit  tapi memang harus kau tinggalkan  karena kau juga berhak  menemukan kebahagiaanmu.

Bab Dua  Mengikhlaskan

“Sesuatu yang ditakdirkan untukmu tidak akan pernah menjadi milik orang lain dan sesuatu yang bukan milikmu sekeras apapun usahamu mengejar dia akan selalu menghindar.”

Jangan memaksa sesuatu yang bukan milikmu karena akan terasa menyakitkan dan sulit bahkan tidak bisa kamu dapatkan biar semua berjalan apa adanya. Biarlah Allah yang mengatur semuanya dan harus yakin yang menjadi milikmu  pasti akan kau miliki.

“Pada akhirnya, ikhlas itu berkaitan dengan jarak dan Tuhan . Semakin dekat seseorang dengan penciptanya maka semakin mudah dia menerima segala ketetapannya.”

Mungkin harapan  kita terlalu besar  sehingga menimbulkan kekecewaan yang terlalu dalam. Maafkan dan ikhlaskan semuanya.

 Kalau kita sibuk mencari alasan  dari setiap apa penyebab  manusia meninggalkan kita, kita tidak pernah ikhlas.  Bersujud  merupakan  tempat terbaik, memohon kepada Allah SWT.

Bab Tiga Menemukan

“Simpan rindumu sampai pada saatnya Tuhan mengirimkan seseorang yang menerima dan merawat rindumu dengan sangat baik.”

“Sabar adalah ilmu tingkat tinggi bentuk syukur paling dalam, dan bentuk ikhlas paling serius.”

Ketika rencanamu gagal, rencana Allah lebih baik dari rencanamu. Terkadang Allah menghalangi rencanamu untuk menguji kesabaranmu. Maka perlihatkan kesabaran yang indah. tak lama kamu akan melihat sesuatu yang menggembirakan.

Setelah kamu bisa melupakan seeorang dengan baik, mengikhlaskan semua yang terjadi maka Allah akan menghadirkan seseorang yang mampu menerima semua kekuranganmu lalu menukarnya dengan senyuman, menyambut segala ketidaksempurnaanmu dan memberi  ruang untuk  memulai awal denganmu yang membuatmu tenang,  meyakinkanmu bahwa kamu dan dia mampu  melewati segalanya bersama. Menjadikanmu rumah  pulang setelah proses pencarian panjang.  Menyadarkan  bahwa cinta yang hadir sebelum kamu adalah anak tangga menuju dirimu. (*/ykib).

Sumber : https://kampungilmubojonegoro.or.id/ikhlas-paling-serius/

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image